Sukses

JK: Jangan Gulingkan Presiden

Mantan Wapres Jusuf Kalla mengatakan kritik boleh dilontarkan kepada pemimpin bangsa asalkan tak bertujuan melakukan makar untuk menggulingkan presiden.

iputan6.com, Mataram: Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap tidak ada perorangan atau golongan yang ingin mengulingkan Presiden. "Kritik boleh asal jangan ingin menggulingkan," kata Kalla usai menghadiri pelantikan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Nusa Tenggara Barat (NTB), di Mataram, Rabu (16/2).

Ketua Umum PMI ini juga mengemukakan penilaiannya terhadap pihak tertentu yang teridentifikasi melakukan tindakan makar. JK menyarankan semua pihak, termauk tokoh agama agar memberi pengertian kepada pihak tertentu yang ingin melakukan makar. "Salah satu tugas pimpinan agama, ya beri wejangan yang baik," ujarnya.

Sebelumnya, Front Pembela Islam (FPI) mengeluarkan ancaman untuk menggulingkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ketua Bidang Advokasi FPI Munarman menyatakan akan `mem-Ben Ali-kan` SBY, dan Pimpinan FPI, Habib Rizieq menyerukan hal senada dalam ceramahnya di acara Maulid Akbar Nabi Muhammad.

Rizieq mengatakan bahwa pihaknya siap menggulingkan SBY jika ada ormas Islam yang dibubarkan. "Andaikata ada ormas Islam yang dibubarkan SBY dengan cara-cara keji, dengan cara biadab, dengan cara curang, dengan cara kejam, maka saya akan ajak umat Islam di manapun berada, kita gulingkan SBY," ujarnya.

Pernyataan Rizieq terkait instruksi Presiden kepada aparat untuk tak segan-segan membubarkan ormas yang kerap melakukan aksi anarkis, dan terbukti melanggar hukum. Namun, Ketua DPD FPI Jakarta, Habib Salim Umar Alatas mengatakan apa yang diserukan Rizieq dan Munarman bukan berarti FPI ingin makar.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini