Sukses

Atasi Lahar Dingin, Tanggul Dibangun

Untuk melindungi puluhan rumah warga dari terjangan banjir lahar dingin Gunug Merapi, sebuah tanggul dibuat cukup tinggi dan memanjang di Dusun Gempol, Jumoyo, Salam, Magelang, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Magelang: Untuk melindungi puluhan rumah warga dari terjangan banjir lahar dingin Gunug Merapi, sebuah tanggul dibuat cukup tinggi dan memanjang di Dusun Gempol, Jumoyo, Salam, Magelang, Jawa Tengah. Tanggul terbuat dari tumpukan material vulkanik yang terbawa banjir lahan dingin. Demikian pantauan SCTV, Sabtu (29/1) pagi.

Sejumlah alat berat dikerahkan untuk membuat tanggul dadakan ini. Selain untuk menumpuk material vulkanik, alat berat digunakan untuk membuat galian yang difungsikan untuk aliran lahar dingin. Lebar galian sekitar dua hingga tiga meter dengan kedalaman sekitar satu meter.

Selain itu, sebagian besar rumah di Dusun Gempol telah tenggelam oleh pasir. Material yang menumpuk di rumah-rumah warga mencapai dua hingga tiga meter. Beberapa rumah hanya terlihat atapnya saja. Bahkan ada yang tidak berbekas sama sekali. Para penghuni terpaksa harus mengungsi.(JUM/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini