Sukses

Penggalangan Koin Presiden Terus Bergulir

Penggalangan koin sebagai respons pidato presiden yang menyatakan sudah tujuh tahun tak mengalami kenaikan gaji. Jika koin sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, uang yang ada akan diberikan kepada presiden melalui Bank Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Gerakan mengumpulkan koin untuk presiden terus bergulir hingga ke daerah. Bahkan, sejumlah elemen masyarakat dan aktivis mahasiswa menggelar aksi dengan turun ke jalan untuk mengumpulkan koin yang rencananya bakal diberikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Di Jakarta, aksi pengumpulan koin dilakukan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, baru-baru. Para pengumpul koin menyodorkan kotak penggalangan dana kesejahteraan presiden dan pejabat negara kepada para pengguna jalan.

Dari pengamatan SCTV, para pengguna jalan antusias mengisi kotak yang dibawa para pengumpul koin. Bahkan, sejumlah penumpang bus juga melakukan hal yang sama dengan menyisihkan sebagian uangnya.

Menurut Abdul Rozak, koordinator aksi, penggalangan dana sebagai respons pidato presiden yang menyatakan sudah tujuh tahun tak mengalami kenaikan gaji. Sebelumnya, mereka juga kerap menggalang dana apabila terjadi bencana alam. Jika koin sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, uang yang ada akan diberikan kepada presiden melalui Bank Indonesia.

Aksi serupa juga dilakukan mahasiswa di Surabaya, Jawa Timur. Mereka yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi mengumpulkan uang receh di perempatan Jalan Gubeng.

Aksi yang dilakukan mahasiswa mendapat sambutan positif para pengguna jalan. Seperti halnya penggalangan dana di Jakarta, uang yang terkumpul juga akan diberikan kepada presiden. Namun, warga berharap, koin yang terkumpul sebaiknya diserahkan kepada rakyat miskin. (ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.