Sukses

Perundingan dengan Sepuluh Negara Belum Tuntas

Wakasal Laksmana Madya TNI Marsetio mengatakan, batas wilayah laut Indonesia dengan sepuluh negara di sekitarnya belum tuntas sehingga berpotensi memunculkan konflik. Dari sepuluh negara tersebut, perundingan batas wilayah dengan Singapura yang telah disepakati.

Liputan6.com, Bogor: Wakil Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Wakasal) Laksmana Madya TNI Marsetio mengatakan batas wilayah laut Indonesia dengan sepuluh negara di sekitarnya belum tuntas sehingga berpotensi memunculkanm konflik. Dari sepuluh negara tersebut, perundingan batas wilayah dengan Singapura yang telah disepakati.

"Potensi konflik terbesar berasal dari Malaysia, lantaran negara tetangga tersebut mengklaim wilayah laut Ambalat sebagai wilayah mereka," ujar Marsetio  di sela-sela mengikuti Apel Komandan Satuan (AKS) di Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/12).

Malaysia yang mengklaim Ambalat sebagai wilayah mereka merupakan persoalan besar yang berpotensi menimbulkan konflik bagi Indonesia. Menurut Marsetio, pihaknya akan melakukan upaya dan langkah apapun untuk mempertahankan kedaulatan. "Tidak boleh ada sejengkal tanah atau laut pun yang lepas," lanjutnya.(ANT/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.