Sukses

Mayoritas Rakyat Yogyakarta Ingin Pemilihan Langsung

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan mengatakan, sekitar 71 persen rakyat Yogyakarta menghendaki adanya pemilihan gubernur dan wakil gubernur secara langsung.

Liputan6.com, Jakarta: Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan mengatakakan, sekitar 71 persen masyakarat Yogyakarta setuju gubernur dan wakil gubernur dipilih secara langsung. "71 persen masyarakat Yogyakarta mau pemilihan langsung, itu survei 2010 ya," kata Djohermansyahm seusai acara dialog "Daerah Istimewa Kecewa" kepada wartawa di Jakarta, Sabtu (4/12).

Djohan mengaku hasil survei tersebut pernah dilihatnya beberapa waktu silam. Namun, saat ditanyakan darimana sumbernya, dia mengaku lupa. "Saya pernah lihat dan tahu, tapi saya lupa dari siapa," ucapnya.

Menurut Djohermansyah, pemerintah mau menyamakan Yogyakarta dengan daerah istimewa lainnya, seperti Aceh serta Papua dimana gubernur dan wakil gubernur dipilih secara langsung. Lebih lanjut ia mengatakan, mekanisme dalam pemilihan gubernur beserta wakilnya juga harus melibatkan partai politik. "Gubernur di Indonesia ini harus berkendaraan politik," ujarnya. 

Sejauh polemik ini berjalan, Djohermansyah menyarankan agar menyerahkan semuanya kepada yakni DPR RI.(IDS/BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini