Sukses

Soal Hibah F-16, Komisi I Dukung Pemerintah

Anggota Komisi I DPR Nurhayati Ali Assegaf mengatakan bahwa Komisi I akan mendukung apa pun kajian pemerintah terkait hibah pesawat tempur F-16 dari AS.

Liputan6.com, Jakarta: Komisi I DPR akan mendukung kajian pemerintah terkait hibah atau bantuan pesawat tempur F-16 dari Amerika Serikat. Demikian diungkapkan anggota Komisi I DPR RI Nurhayati Ali Assegaf di Jakarta, Kamis (18/11) [baca: Pesawat Hibah dari AS Masih Dipertimbangkan].

"Komisi I akan mendukung upaya pemerintah untuk melakukan kajian terkait hibah tersebut. Apa pun keputusan pemerintah nantinya," kata Nurhayati. "Kalau dari hasil kajian, pemerintah mengatakan bantuan itu tidak pantas diterima, kita (Komisi I) juga akan menerima (sikap itu)," tambahnya.

Nurhayati mengingatkan bahwa upaya mengkaji hibah F-16 itu jangan sampai membebani negara. "Bantuan apa pun kalau tidak kita perlukan buat apa. Namun, jika memang kita butuhkan, kita akan terima dengan senang hati. Tapi kalau ada keinginan pemerintah untuk mengkaji, tak masalah. Jangan sampai bantuan akhirnya membebani kita. Kalau kita punya anggaran, ya kita beli baru saja," tutur Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen DPR itu.

Kendati demikian, Nurhayati juga mengakui pentingnya tambahan alusista atau alat utama sistem persenjataan bagi Indonesia. Menurut dia, selain berfungsi menjaga keamanan, pesawat-pesawat tempur juga bisa berguna dalam kondisi bencana. "Memang ada pemikiran bahwa alat utama sistem persenjataan ini juga harus dipersiapkan untuk menjaga keamanan wilayah NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) untuk melindungi rakyatnya. Tapi ketika bencana juga bisa difungsikan," imbuh Nurhayati.

Sementara, terkait tawaran dari negara lain seperti Cina untuk membantu korban bencana tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Nurhayati mengatakan, bantuan asing tersebut bisa diterima asalkan pengelolaannya dilakukan oleh pemerintah Indonesia.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.