Sukses

Ical: <i>Reshuffle</i> Kabinet Hak Presiden

Perombakan kabinet adalah hak presiden yang harus dihormati siapa saja. Partai Golkar yakin kadernya yang menjadi menteri tak akan diganti.

Liputan6.com, Makassar: Ketua Umum Partai Golongan Karya Aburizal Bakrie mengatakan, perombaan (reshuffle) kabinet adalah hak prerogatif presiden. "Reshuflle saya kira hak prerogratif presiden dan kita hormati untuk menyusun," ujar Ical, panggilan Aburizal Bakrie di Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (31/10).

Sebelumnya, Ketua Partai Golkar Priyo Budi Santoso menyatakan, kemungkinan menteri dari partai berlambang pohon beringin tersebut tidak akan terkena reshuffle. Sebab, kinerja tiga menteri dari Golkar sudah memenuhi standar yang ditetapkan presiden [baca: Priyo: Menteri dari Golkar Tak Diganti]

Priyo menambahkan, mereka juga tak masuk dalam laporan Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Tiga menteri dari Partai Golkar adalah Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, dan Menteri Perindustrian MS Hidayat.

Tanggapan serupa juga dikemukakan oleh Presiden Partai Keadilan Sejahtera Lufti Hasan Ishak. Dia bilang, reshuffle adalah hak prerogatif presiden. Jika reshuffle jadi dilakukan, ia berharap presiden menggunakan parameter kebijakan publik sebagai bahan pertimbangan.(ULF/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini