Sukses

Presiden Instruksikan Relokasi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan dibuatnya peraturan pemerintah untuk mengatur mengenai pemindahan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil di sekeliling Pulau Sumatra.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menginstruksikan dibuatnya peraturan pemerintah untuk mengatur mengenai pemindahan masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil di sekeliling Pulau Sumatra. Demikian dikatakan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di Jakarta, Jumat (29/10).

"Presiden mengharapkan peraturan pemerintah tersebut bisa segera dibuat," kata Agung. "Pemerintah akan membahasnya dalam waktu dekat ini. Mungkin setelah tuntasnya tahapan tanggap darurat atau rehabilitasi dan rekonstruksi di Mentawai."

Tujuannya, menurut Agung, untuk memindahkan penduduk ke tempat yang lebih aman mengingat pulau-pulau kecil di sepanjang Pulau Sumatea rawan bencana gempa dan tsunami. "Mungkin relokasinya ke tempat yang tidak jauh dari tempat tinggal mereka sekarang. Tetapi dicarikan yang lebih aman. Mungkin ke tepian bukit yang datarannya lebih tinggi," jelasnya.

Agung juga menyatakan, pemerintah perlu mempertimbangkan berbagai aspek sebelum memindahkan penduduk sehingga tidak bisa dilakukan secara terburu-buru. "Kita juga harus memperhatikan sumber penghidupan mereka," katanya.(ANT/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini