Sukses

Besok, Ribuan Pendemo Padati Jakarta

Ribuan pendemo dari berbagai elemen dan daerah diperkirakan beraksi di Jakarta terkait setahun pemerintahan Presiden Yudhoyono-Boediono. Belasan ribu polisi pun bakal dikerahkan untuk mengamankan Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta: Berdasarkan data yang dikumpulkan Polda Metro Jaya, Selasa (19/10), jumlah pengunjuk rasa yang bakal beraksi mencapai 2.800 orang. Massa ini berasal dari sejumlah daerah di sekitar Jakarta, Bekasi, Bogor, Banten, dan Tangerang.

Masih menurut Polda Metro Jaya, demo yang digelar terkait setahun masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu akan mengambil tiga titik lokasi. Yaitu Tugu Proklamasi, Bundaran Hotel Indonesia, dan Istana Merdeka. Aksi sendiri akan berlangsung sejak Rabu (20/10) pagi.

Guna mengantisipasi suasana ricuh, polisi menurunkan 19 ribu aparat untuk mengamankan Ibu Kota. Pengunjuk rasa pun diwajibkan patuh dengan peraturan yang dibuat, di antaranya tidak diperbolehkan membawa hewan saat berdemo.

Menanggapi isu yang bakal diusung dalam demo besok, Ketua Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhi Massardi berkomentar. Baginya, demo yang dilakukan merupakan wujud kekecewaan rakyat. Ditambahkannya, gerakan yang dipimpinnya bertujuan melengserkan SBY dari hati rakyat. "Ini baru langkah awal," katanya. GIB sendiri akan turun berunjuk rasa besok.(OMI/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.