Sukses

Pemerintah Belum Tentukan Nama

Pemerintah melalui Dewan Gelar, Tanda Kehormatan, dan Tanda Jasa, Senin (18/10), menyatakan belum menentukan nama-nama calon yang akan menjadi pahlawan nasional.

Liputan6.com, Jakarta: Masuknya nama HM Soeharto dalam daftar sepuluh calon penerima gelar pahlawan nasional menjadi perdebatan sebagian kalangan. Pemerintah melalui Dewan Gelar, Tanda Kehormatan, dan Tanda Jasa, Senin (18/10), menyatakan belum menentukan nama-nama yang dimaksud.

Pemerintah menjelaskan jika semua sudah terang benderang, barulah gelar pahlawan nasional akan ditetapkan melalui keputusan presiden. Selain HM Soeharto, nama tokoh nasional lain seperti Abdurrahman Wahid, Ali Sadikin, J. Leimena, Habib Sayid Al Jufrie, dan Pakubuwono juga ada dalam daftar.

Sebelumnya, sejumllah kalangan menolak pencalonan HM Soeharto. Misalnya, Indonesia Corruption Watch. ICW mengimbau usulan tersebut sebaiknya dibicarakan lebih mendalam [baca: ICW Tolak Soeharto Jadi Pahlawan Nasional].(WIL/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.