Sukses

Kapolri dan Jaksa Agung Baru Dilantik Bersamaan

Kapolri dan Jaksa Agung baru akan dilantik dalam waktu yang bersamaan. "Waktu pelantikan tidak lama lagi,"kata Ketua DPR Marzuki Ali.

Liputan6.com, Jember: Kapolri dan Jaksa Agung baru akan dilantik dalam waktu yang bersamaan. Demikian dikatakan Ketua DPR Marzuki Ali di Jember, Jawa Timur, Jumat (15/10).

"Waktu pelantikan tidak lama lagi, karena persetujuan DPR kepada Kapolri Komjen Timur Pradopo sudah diajukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata Marzuki. "Pekan depan, saya sudah menyampaikan surat DPR tentang persetujuan Komjen Timur Pradopo sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Bambang Hendarso Danuri kepada Presiden SBY."

Marzuki mengatakan, nama-nama Jaksa Agung, baik internal maupun eksternal, adalah hak prerogatif Presiden. "Penunjukkan Jaksa Agung akan bersamaan dengan penunjukkan Kapolri," ucapnya.

Jaksa Agung Hendarman Supandji telah mengajukan delapan nama calon pengganti dirinya dan semuanya berasal dari internal kejaksaan. Mereka adalah Darmono (Wakil Jaksa Agung), M. Amari (Jaksa Agung Muda Pidana Khusus), Hamzah Tadja (Jaksa Agung Muda Pidana Umum), dan Marwan Effendy (Jaksa Agung Muda Pengawasan).

Selanjutnya Edwin P. Situmorang (Jaksa Agung Muda Intelijen), Iskamto (Jaksa Agung Muda Pembinaan), Kemal Sofyan Nasution (Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara), dan Zulkarnaen Yunus (staf ahli Jaksa Agung Hendarman Supandji yang juga mantan Kepala Kejati Jawa Timur).(ANT/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini