Sukses

Timur Pradopo Akan Ditanya Kasus Pelanggaran HAM

Anggota Komisi III DPR akan menanyakan berbagai persoalan dalam uji kelayakan calon kapolri, salah satunya mengenai kasus pelanggaran HAM.

Liputan6.com, Jakarta: Calon Kapolri Komjen Pol Timur Pradopo akan menjalani uji kelayakan (fit and proper test) di depan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada pukul 11.00 WIB. Anggota Komisi III DPR akan menanyakan berbagai persoalan, salah satunya mengenai kasus pelanggaran HAM.

"Artinya kami di sini, ingin tahu bagaimana dia dapat membuka isu yang selama ini berkembang dan kita akan klarifikasi," kata anggota Komisi III dari PPP Ahmad Yani di DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (14/10).

Yani mengatakan, berbagai kasus pelanggaran HAM yang menjadi misterius saat ini termasuk Tragedi Trisakti, Semanggi I dan II. "Kenapa dia (Timur Pradopo) tidak mau dipanggil dua kali ke Komnas HAM. Alasannya apa? Makanya dia harus mampu klarifikasi karena pelanggaran HAM itu serius," jelasnya.

Selain itu, lanjut Yani, Timur diharapkan mampu menjelaskan visi dan misinya, termasuk mengevaluasi visi dan misi Kapolri sebelumnya Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri. "Itu dia evaluasi apa kekurangan dan apa kelebihannya," imbuhnya.

Sementara itu, pantauan SCTV, Timur telah tiba di DPR sekitar pukul 10.00 WIB. Belum satupun komentar yang terlontar darinya. Timur langsung masuk ke ruang tunggu komisi III DPR. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.