Sukses

Presiden SBY 99 Persen Pilih Ito Sumardi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut memilih Komjen Pol Ito Sumardi sebagai calon Kapolri. Bahkan informasinya, presiden sudah menandatangani pemilihan Ito sebagai calon Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) disebut-sebut memilih Komjen Pol Ito Sumardi sebagai calon Kapolri. Bahkan informasinya, presiden sudah menandatangani pemilihan Ito sebagai calon Kapolri.

"Saya rasa sudah 99 persen. Saya dengar Pak Ito sudah resmi diteken dan hari ini diserahkan ke DPR," kata Anggota Komisi III Bambang Soesatyo kepada liputan6.com, Jakarta, Senin (4/10).

Menurut Bambang, dua nama calon Kapolri yang sebelumnya beredar yakni Komjen Pol Imam Sudjarwo dan Komjen Pol Nanan Soekarno dikhawatirkan dapat menimbulkan konflik. Pemilihan Ito diduga untuk meredam gejolak di tingkat elit maupun internal kepolisian.

Bambang juga menilai, meski Ito yang akan diajukan, nama Imam tetap dikantongi untuk pemilihan Kapolri selanjutnya. "Pak Ito kan delapan bulan lagi akan pensiun. Nama Imam tetap dikantongi dan akan dimunculkan nanti," imbuhnya.

Bambang mengatakan Ito Sumardi layak dicalonkan sebagai Kapolri. "Kalau Pak Ito dari jenjang pangkat dan jam terbang dalam berkarir, dia memenuhi syarat," jelasnya.

Mengenai batas waktu pengajuan calon, lanjut Bambang, dimungkinkan hingga 30 Oktober 2010. "Kalau Kapolri sekarang kan pensiunnya 10 Oktober 2010. Kalau minggu ini masuk dan diproses selama dua minggu. Diharapkan sebelum 30 Oktober sudah serah terima jabatan," ujar Politisi Golkar ini. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini