Sukses

Tiga Sukhoi Resmi Milik RI

Nantinya ke-3 pesawat tempur Sukhoi akan memperkuat skuadron udara dengan penempatan di Makassar, Sulsel.

Liputan6.com, Makassar: Tiga pesawat tempur Sukhoi dari Rusia resmi diserahterimakan kepada RI. Nantinya ke-3 pesawat tempur akan memperkuat skuadron udara dengan penempatan di Makassar, Sulawesi Selatan. Penyerahan Sukhoi jenis SU-27 dan SU-30MK2 diterima Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Landasan Udara Hasanuddin Makassar, Senin (27/9).

Sukhoi merupakan buatan perusahaan Rusia, Knaapo. Pesawat tempur ini dibeli seharga US$ 350 juta di masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri. Pembelian ini melengkapi pesawat sebelumnya sehingga berkekuatan total 10 unit.

Sebelumnya sempat timbul keraguan serahterima akan berjalan sesuai rencana. Sebab tiga teknisi asal Rusia tewas akibat keracunan alkohol. Akan tetapi keraguan itu ternyata tidak terbukti dengan uji terbang dan serah terima yang sesuai jadwal.

Purnomo optimistis, keberadaan Sukhoi akan menambah keyakinan para prajurit angkatan bersenjata mempertahankan diri.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini