Sukses

Presiden Kantongi Nama Calon Jaksa Agung

Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengantongi sejumlah nama calon jaksa agung pengganti Hendarman Supandji.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Menteri Sekretaris Negara, Sudi Silalahi mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengantongi sejumlah nama calon jaksa agung pengganti Hendarman Supandji. Presiden dalam waktu dekat akan menetapkan jaksa agung baru.

"Ya, nama sudah (diterima Presiden-red)," kata Sudi ketika ditemui di sela Muktamar XIV Persatuan Islam di Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (25/9).

Namun Sudi enggan menyebutkan nama calon jaksa agung yang sudah diterima presiden. Dia juga tidak menyebutkan apakah calon jaksa agung berasal dari internal atau dari luar kejaksaan. Sudi hanya menjelaskan, nama-nama itu merupakan usulan dari beberapa pihak, termasuk dari Hendarman Supandji.

"Kita beri kesempatan, itu hak prerogatif Presiden untuk memutuskan siapa itu calon yang akan diangkat," imbuh pria berkacamata ini.

Sudi menegaskan, pemerintah berkomitmen untuk mempercepat proses pemilihan jaksa agung setelah Hendarman diberhentikan dengan hormat dari jabatan itu. "Presiden telah mempercepat proses itu," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden telah menandatangani Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Hendarman Supandji sebagai Jaksa Agung. Keppres bernomor 104/P/2010 tertanggal 24 September 2010 itu juga mengangkat Wakil Jaksa Agung Darmono sebagai pelaksana tugas sementara jaksa agung sampai ditentukan jaksa agung baru yang definitif. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini