Sukses

SBY Silaturahmi dengan Tokoh Lintas Agama

Presiden SBY bersilaturahmi dengan para tokoh lintas agama di Istana Negara. Presiden mengecam rencana pastor Terry Jones di Florida, AS, yang akan membakar kitab suci Alquran.

Liputan6.com, Jakarta: Selain bersilaturahmi dengan pejabat dan masyarakat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jumat (10/9), juga menerima para tokoh lintas agama di Istana Negara. Memanfaatkan momentum Idul Fitri dihadapan tokoh lintas agama, Presiden mengecam rencana pastor Terry Jones di Florida, Amerika Serikat, yang akan membakar kitab suci Alquran. Rencana Terry Jones untuk membakar Alquran sangat mencemaskan Presiden. Bahkan Presiden telah menyurati Presiden AS Barack Obama dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa [baca: SBY Minta PBB Bertindak Soal Pembakaran Alquran]. Namun demikian, Presiden meminta umat Islam tidak ikut terpancing. Terry Jones, pemimpin gereja kecil di Florida, mencanangkan hari pembakaran Alquran sebagai wujud protesnya terhadap rencana pembangunan masjid di Ground Zero, lokasi reruntuhan gedung WTC yang dihantam teroris, sembilan tahun silam. Rencana tersebut mencuatkan protes di berbagai belahan dunia, khususnya di negara-negara muslim. Bahkan Pemimpin Gereja Katolik Sedunia di Vatikan menilai rencana tersebut memalukan dan dapat menambah sentimen negatif terhadap warga AS, khususnya di negara-negara muslim [baca: Vatikan Kutuk Rencana Pembakaran Alquran]. Obama juga mengecam tindakan Jones yang menurutnya tidak sesuai dengan nilai-nilai AS yang menjunjung tinggi kebebasan beragama dan toleransi [baca: Obama Desak Pembatalan Pembakaran al-Qur`an]. Belakangan, Terry Jones menyatakan siap mengurungkan niatnya setelah komunitas muslim bersedia memindahkan pembangunan masjid dari lokasi Ground Zero tersebut.(MRQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini