Sukses

Max Sopacua: Hadapi Malaysia dengan Kepala Dingin

Rencana Malaysia mengeluarkan nasihat perjalanan pada warganya yang akan berkunjung ke Indonesia harus disikapi dengan kepala dingin.

Liputan6.com, Jakarta: Rencana Malaysia mengeluarkan nasihat perjalanan (travel advisory) pada warganya yang akan berkunjung ke Indonesia harus disikapi dengan kepala dingin. "Rencana pemerintah Malaysia itu tidak dapat dilihat dari keuntungan bagi Indonesia. Ini merupakan pemikiran yang keliru," kata anggota Komisi I DPR, Max Sopacua, di Jakarta, Jumat (27/8).

Menurut dia, tidak ada yang menguntungkan bagi kedua negara bila merusak hubungan antara Indonesia dan Malaysia. "Pemerintah dan masyarakat Indonesia harus menyikapi rencana Malaysia dengan kepala dingin. Harus diperhitungkan dampaknya bila Indonesia memutuskan hubungan dengan Malaysia yakni sebanyak dua juta tenaga kerja Indonesia akan terkena dampaknya," katanya.

Lebih jauh dia mengatakan, pemerintah harus memikirkan secara matang dalam mengambil keputusan mengenai rencana pemerintah Malaysia itu. "Kita harus mencari solusi yang terbaik mengenai masalah Indonesia-Malaysia," katanya. Pun demikian dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring. Persoalan Indonesia-Malaysia harus diselesaikan secara diplomasi.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini