Sukses

Tiga Petugas KKP Ditangkap Polisi Malaysia

Presiden SBY sudah dilaporkan mengenai penangkapan tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan oleh polisi Malaysia. Pemerintah harus mengambil sikap tegas.

Liputan6.com, Jakarta: Tiga petugas Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ditangkap Malaysia. Kabar ini juga sudah dilaporkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Ya, sudah dilaporkan, melalui ajudan beliau," kata Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto di Jakarta, Ahad (15/8).

Djoko juga sudah menginstruksikan Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, dan juga Konsulat Jenderal (Konsul) Indonesia yang ada di Johar Baru. Mereka diminta membebaskan tiga petugas KKP yang ditangkap.

Menurut Djoko, penangkapan berawal ketika petugas KKP menangkap kapal nelayan Malaysia beserta tujuh awak yang mencari ikan di Perairan Bintan, Indonesia. Lalu ada kapal polisi marine Malaysia yang mendekati kapal KKP dan menembakkan peluru suar (tembakan peringatan) ke atas. Tak hanya menembak, polisi marine Malaysia juga menggiring kapal ke Johor. "Jadi bukan tentara Malaysia yang menggiring," ujar Djoko, seperti dikutip Antara.

Dirjen Pengawasan dan Pengendalian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Aji Sularso membenarkan penangkapan tiga petugas KKP. Tapi dia membantah terjadi penembakan terhadap kapal patroli KKP oleh polisi Malaysia. "Benar ada penangkapan terhadap tiga petugas KKP. Saat ini kami tengah mengupayakan agar ketiga petugas itu dibebaskan," kata Aji.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini