Sukses

Mahasiswa Demo Boyong Bendera Bintang Kejora

Polisi membubarkan aksi massa di Manokwari, Papua Barat. Selain tidak berizin, aksi itu juga membawa bendera Bintang Kejora, lambang separatisme Papua.

Liputan6.com, Manokwari: Polisi membubarkan aksi massa di Manokwari, Papua Barat, Senin (2/8). Selain tidak berizin, massa yang tergabung dalam Komite Nasional Pemuda Papua Barat itu juga membawa bendera Bintang Kejora, lambang separatisme Papua.

"Spanduk bergambar bintang kejora itu mengganggu ketertiban umum dan melanggar undang-undang," kata Kapolsek Amban Kompol Andarias Lipan.

Sempat terjadi ketegangan antara polisi dan pengunjuk rasa yang sebagian besar mahasiswa Universitas Negeri Papua itu. Dalam aksinya itu, mereka menuntut peninjauan ulang terhadap penentuan pendapat rakyat (Pepera) pada 1969.

Pepera menjadi dasar bagi Perserikatan Bangsa-bangsa dalam memasukkan Irian Jaya menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mahasiswa menilai, Pepera tidak sesuai dengan aspirasi rakyat Papua.(MRQ/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini