Sukses

Naoto Kan Presiden DPJ Baru

Menteri Keuangan Jepang Naoto Kan hampir pasti menjadi Perdana Menteri Jepang yang baru. Ia terpilih sebagai Presiden DPJ dengan perolehan suara mencapai 291.

Liputan6.com, Tokyo: Menteri Keuangan Jepang Naoto Kan hampir pasti menjadi Perdana Menteri Jepang yang baru. Ia terpilih sebagai Presiden Partai Demokrat Jepang (DPJ) dengan perolehan suara mencapai 291. Naoto Kan menyisihkan pesaingnya Tarudoko yang mengantongi 129 suara. Sedangkan suara tidak sah berjumlah dua suara.

Naoto Kan akan menggantikan Yukio Hatoyama yang mengundurkan diri sebagai perdana menteri. Hatoyama mundur setelah tak bisa memenuhi janji kampanyenya memindahkan pangkalan militer Amerika Serikat di Okinawa. Baru delapan bulan ia memerintah.

Sebelumnya Naoto Kan menjadi calon terkuat menggantikan Hatoyama. Prediksi ini muncul setelah dua calon lain justru mendukung Naoto Kan. Penunjukkan PM baru di parlemen akan berlangsung siang nanti.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.