Sukses

Turis Indonesia Bisa Kunjungi Kamboja Tanpa Visa

Pemerintah Indonesia dan Kamboja menandatangani Persetujuan Bebas Visa bagi pemegang paspor biasa kedua negara.

Liputan6.com, Jakarta:  Pemerintah Indonesia dan Kamboja menandatangani Persetujuan Bebas Visa bagi pemegang paspor biasa kedua negara.

Menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri, di Jakarta, Kamis (3/6), persetujuan bebas visa tersebut ditandatangani oleh menteri luar negeri kedua negara di Phnom Penh, saat kunjungan perkenalan Menlu Marty Natalegawa ke Kamboja pada 1-2 Juni. Menlu RI dan Menlu Kamboja Hor Namhong dalam pertemuannya  menyepakati bahwa Persetujuan Bebas Visa tersebut tidak hanya akan meningkatkan hubungan kedua negara, namun juga akan mampu meningkatkan hubungan antarindividu antara kedua negara, serta interaksi kalangan bisnis guna mendukung peningkatan kerjasama ekonomi di kedua negara.

Dengan berlakunya persetujuan itu, warga negara di kedua negara tidak perlu lagi mengajukan visa untuk melakukan kunjungan dalam jangka waktu maksimum 30 hari. Selain persetujuan tersebut, guna meningkatkan interaksi warga negara di kedua negara, kedua Menlu juga menyepakati upaya untuk segera mendorong pembukaan penerbangan langsung antarkedua negara. Pembukaan penerbangan langsung itu diharapkan dapat mewujudkan keterhubungan di kawasan guna mendukung upaya pembentukan Komunitas ASEAN 2015. Salah satu perusahaan swasta penerbangan Indonesia diharapkan akan dapat memulai penerbangan perdananya ke Phnom Penh, Kamboja dalam waktu dekat. (Ant)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini