Sukses

Ketika Para Kandidat Berkampanye

Berbagai cara dilakukan para kandidat Ketua Umum Partai Demokrat. Ada yang gencar beriklan, ada pula yang terkesan santai. Manakah cara yang paling efektif?

Liputan6.com, Bandung: Tiga kandidat Ketua Umum Partai Demokrat menempuh berbagai cara untuk menggaet dukungan para peserta Kongres Partai Demokrat di
Bandung, Jawa Barat. Ada yang gencar beriklan di berbagai media, namun ada pula yang terkesan santai. Manakah cara yang paling efektif?

Kandidat Ketua Umum dengan nomor urut dua, Andi Mallarangeng sudah mempromosikan dirinya jauh-jauh hari. Andi memasang sejumlah poster bertuliskan inisial namanya (AM) di berbagai media massa. Ia mengklaim mendapat restu Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono.

Adapun Anas Urbaningrum, kandidat bernomor urut satu tidak segencar Andi. Posternya hanya terpampang di pusat informasi di sekitar arena Kongres dan beberapa titik di Kota Bandung Barat. Anas lebih memilih berdialog langsung dengan calon pemilihnya.

Sementara kandidat nomor tiga, Marzuki Alie lebih sedikit beriklan dibanding Andi dan Anas. Jumlah posternya di di Mason Pine Hotel, Padalang, Bandung, Jabar, bisa dihitung jari. Namun Marzuki memiliki investasi politik yang cukup besar, karena pernah menjabat Sekjen Partai Demokrat sehingga kerap menyambangi kader di berbagai pelosok.

Dan nyatanya, Andi yang mendapat dukungan logistik paling besar, terpental dari putaran pertama. Mantan Juru Bicara SBY itu hanya mampu meraih 82 suara atau 16 persen.(WIL/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini