Sukses

Jelang Kongres, SBY Panggil Andi dan Anas

Jelas Kongres II Partai Demokrat di Bandung Barat, Jabar, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memanggil dua kandidat ketua umum, yaitu Andi Mallarangeng serta Anas Urbaningrum.

Liputan6.com, Bandung: Jelang Kongres II Partai Demokrat, Ketua Dewan Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memanggil dua kandidat ketua umum, yaitu Andi Mallarangeng serta Anas Urbaningrum. Namun, tidak diketahui apa maksud dari pemanggilan itu.

Kongres yang berlangsung di Mason Pine Hotel, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat, akan dibuka pada pukul 19.00 WIB. Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan akan hadir dan memberi sambutan pada pukul 20.00 WIB. Namun, kehadiran Yudhoyono dalam kapasitas sebagai Presiden bukan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. Dengan begitu, pidato politik bakal disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo [baca: SBY Sampaikan Pidato sebagai Presiden].

Menurut pengamat politik J Kristiadi, kehadiran Yudhoyono dalam kapisitas sebagai Presiden menyiratkan rangkap jabatan itu tak masalah. Seperti diketahui, tiga kanditat utama Ketua Umum Partai Demokrat dalam kongres ini, yaitu Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan Marzuki Alie menjabat jabatan politik. Andi adalah Menteri Pemuda dan Olahraga, Anas menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, serta Marzuki Ali sebagai Ketua DPR.

Ketiga calon ini masing-masing mengklaim memiliki dukungan cukup besar. Seperti Andi yang mengklaim mengantongi dukungan 80 persen dari DPC dan DPD. Sementara Anas mengklaim dirinya didukung lebih dari 50 persen. Sedangkan Marzuki mengaku didukung 200 suara. [baca: Andi dan Anas Sama-sama Optimistis].

Soal sistem pemilihan ketua umum, hingga kini masih diperdebatkan para kandidat, apakah dilakukan dengan cara aklamasi atau voting. Menurut kandidat yang mengaku mendapat banyak dukungan dari DPC dan DPD, aklamasi adalah bentuk pemufakat tertinggi dalam demokrasi.

Sementara kandidat lain mengatakan, aklamasi dapat dilakukan jika hanya ada satu kandidat yang memenuhi persyaratan. Namun, jika ada beberapa kandidat yang memenuhi persyaratan, maka seharusnya dilakukan voting. Sementara Marzuki Alie memprediksi pemilihan akan berlangsung lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Terkait jumlah suara yang bakal diperebutkan, informasi yang didapat SCTV dari Komite Pelaksana Kongres adalah 1.192 suara. Terdiri dari 99 pengurus DPD, 994 pengurus DPC, 83 pengurus DPP, serta delapan dewan pembina. Namun, belum diketahui apakah bobot suara mereka dinilai satu suara atau seperti kabar yang diterima SCTV yaitu lima suara.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini