Sukses

Profil Andi Malarangeng

Andi Alfian Malarangeng, calon ketua umum Partai Demokrat mengaku mendapat dukungan dari sejumlah DPC. bahkan Ketua tim pemenangan AM for Demokrat 1, Nachrowi Ramli mengklaim dukungan untuk Andi Malarangeng mencapai 86 persen atau 526 DPC.

Liputan6.com, Jakarta: Andi Alfian Malarangeng, calon ketua umum Partai Demokrat mengaku mendapat dukungan dari sejumlah DPC. bahkan Ketua tim pemenangan AM for Demokrat 1, Nachrowi Ramli mengklaim dukungan untuk Andi Malarangeng mencapai 86 persen atau 526 DPC. Tak hanya itu Putra Presiden SBY, Eddie Baskoro Yudhoyono atau Ibas, ikut menggalang dukungan untuk Andi Malarangeng.

Andi Alifian Mallarangeng dilahirkan di Makassar, Sulawesi Selatan Maret 1963. Ayahnya, adalah walikota Parepare yang menjadi walikota pada usia 32 tahun. Namun ayahnya meninggal dunia pada usia 36 tahun. Ketika Andi A. Mallarangeng berusia 9 tahun. Sejak itu, ibunya, Andi Asni Patoppoi dan kakeknya, Andi Patoppoi Mantan Bupati Grobogan, Jawa Tengah dan juga Bupati Bone, Sulawesi Selatan yang membesarkannya.Kakek Andi ini adalah salah seorang tokoh pemuda Sulawesi Selatan yang berhasil membujuk raja-raja di Sulawesi Selatan untuk mendukung dan menyerahkan kedaulatannya kepada Republik Indonesia yang diproklamasikan pada 17 Agusutus 1945.

Dari ayah dan kakeknya, Ia belajar tentang semangat keindonesiaan yang mengatasi semangat kedaerahan, dari mereka pula ia belajar tentang nilai-nilai kedaerahan yang memperkaya nilai-nilai keindonesiaan. Dan dari ibunya belajar tentang hidup sebagai suatu perjuangan.

Andi pernah menjadi dosen di Universitas Hasanuddin (1988-1999) dan di Institut Ilmu Pemerintahan (1999-2002). Selepas menjadi dosen IIP Putra Makassar ini diminta menjadi anggota Tim Tujuh (1998-1999) yang dipimpin oleh Prof. DR. Ryaas Rasyid. Tim Tujuh ini kemudian juga merumuskan Undang-undang Pemerintahan Daerah yang baru, sebagai landasan reformasi sistem pemerintahan dengan desentralisasi dan otonomi daerah.
Oleh pemerintah Andi juga dipercaya menjadi wakil pemerintah di KPU dalam pemilu 1999. Ia sempat mendirikan Partai Persatuan Demokrasi Kebangsaan bersama Prof. DR. Ryaas Rasyid pada tahun 2002, namun keluar dua tahun kemudian, ia juga dikenal sebagai pengamat, kolumnis dan komentator politik di berbagai media.

Tahun 2004 Andi A. Mallarangeng dipercaya sebagai Juru Bicara Kepresidenan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, hingga akhirnya dipercaya menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II. Meraih gelar Doctor of Philisophy di bidang ilmu politik dari Northern Illinois University (NIU) Dekalb, Illinois, USA (1997). Di universitas yang sama, ia meraih juga gelar Master of Science di bidang sosiologi. Sedangkan gelar DRS Sosiologi diraihnya dari Fisipol Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. (ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini