Sukses

Partai Demokrat Dikhawatirkan Pecah

Salah satu anggota Dewan Pendiri Partai Demokrat mengaku khawatir pertarungan kubu Anas dan Andi memperebutkan posisi ketua umum bisa memecah belah partai tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Salah satu anggota Dewan Pendiri Partai Demokrat Henky Luntungan mengaku khawatir pertarungan kubu Anas Urbaningrum dan Andi Malarangeng memperebutkan posisi ketua umum pada kongres mendatang akan memicu perpecahan. "Jika kompetisi itu berlangsung fair, demokratis, jauh dari politik uang dan black campaign, kami yakin perpecahan tidak terjadi," katanya di Jakarta, Rabu (19/5), terkait Kongres II Partai Demokrat di Bandung, 21 Mei 2010.

Henky Luntungan atas nama rekan-rekannya berharap, siapa pun yang mendapat suara terbanyak atau didukung mayoritas kader, bisa secara konsisten dengan garis ideologi partai yakni nasionalis religius berbasis kerakyatan. Sejauh ini, menurut para pendiri partai, Anas Urbaningrum banyak didukung kalangan grassroot (akar rumput), sementara Andi Malarengeng lebih mendapat simpati di kalangan elite partai.

"Itu tidak jadi masalah. Yang penting, kita jauhi hal-hal negatif tadi, agar potensi perpecahan tidak terjadi. Ingat, kita ini partai berlabel demokrat, makanya segala kiprah harus demokratis, tambahnya.

Ia juga berharap para pendukung kedua kubu yang semakin mengental, tidak saling ejek atau mengklaim secara arogan. "Jika itu terjadi, maka bagai memukul air di dulang, terpercik muka sendiri, kita sendirilah yang rugi dan kena akibatnya," kata Henky.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini