Sukses

Travel Warning ke Thailand Belum Perlu

Meski situasi politik dan keamanan di Bangkok terus memanas, Fraksi Partai Golkar memandang pemerintah belum perlu mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan bagi warga Indonesia ke Thailand

Liputan6.com, Jakarta: Fraksi Partai Golkar memandang pemerintah belum perlu mengeluarkan travel warning atau peringatan perjalanan bagi warga Indonesia ke Thailand. Wacana travel warning ini muncul menyusul situasi politik dan keamanan di Bangkok, Thailand yang masih memanas akibat demonstrasi kelompok anti pemerintah.

Anggota Komisi I atau Komisi Luar Negeri DPR dari Fraksi Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, masih banyak daerah-daerah dan kota lain di Thailand selain Bangkok, yang masih aman dan menarik untuk dikunjungi.

"Travel warning bukan hanya tentang ekonomi saja. Ada dampak politis ke depan yang harus diperhitungkan" kata Agus Gumiwang Kartasismita, kepada wartawan di gedung DPR, Selasa (18/5).

Mengenai pemulangan WNI dari Thailand, Agus menyerahkan sepenuhnya kepada Kedutaan Besar RI (KBRI) di Bangkok yang memutuskan, apakah perlu menarik dan memulangkan WNI dari Thailand.

"Setiap KBRI, termasuk KBRI Thailand sudah punya anggaran cukup untuk mengamankan dan memulangkan warga kita di luar", ujar Agus.

Hari ini, kekacauan situasi di kota  Bangkok dikabarkan mulai mereda. Namun Konflik politik antara pemerintah dan kelompok anti pemerintah masih belum berakhir.(MLA)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini