Sukses

Teka-teki Pengganti Sri Mulyani

Setelah Sri Mulyani mundur, siapa kandidat pengganti Menteri Keuangan? Bisa jadi dari kalangan birokrat atau dari kalangan profesional.

Liputan6.com, Jakarta: Siapakah yang akan duduk di kursi Menteri Keuangan menggantikan Sri Mulyani Indrawati? Inilah pertanyaan terbesar pascapidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyetujui pengunduran diri sang menteri, Rabu (5/5).

Dari kalangan profesional, muncul nama Rizal Ramli. Lelaki berusia 56 tahun itu pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Perekonomian pada Kabinet Persatuan Nasional pada masa Presiden Abdurrahman Wahid. Ketika itu, ia menggantikan Kwik Kian Gie. Pada era yang sama, Rizal juga menjabat sebagai Menteri Keuangan.

Rizal kemudian mendirikan Lembaga Penelitian Ekonomi "Econit". Ia juga pernah menjadi Kepala Bulog menggantikan Jusuf Kalla. Kini, pria yang mendapatkan gelar Doktor Bidang Ekonomi dari Universitas Boston itu memimpin Organisasi Komite Indonesia Bangkit.

Dari kalangan birokrat muncul nama Anggito Abimanyu. Ia merupakan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Departemen Keuangan, sebuah jabatan yang mengharuskannya bertanggung jawab atas arah kebijakan fiskal pemerintah.

Pada awal pemerintahan Presiden Yudhoyono yang kedua, Anggito ditunjuk sebagai Wakil Menteri Keuangan. Namun, ia belum dilantik. Dosen Universitas Gajah Mada itu kemudian menjabat sebagai Kepala Badan Pengkajian Ekonomi Keuangan dan Kerjasama Internasional.

Kandidat ketiga yang juga berasal dari kalangan birokrat, yaitu Anny Ratnawati. Dirjen Anggaran Kementrian Keuangan itu pernah menjadi Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan. Kedudukan tersebut sejajar dengan dirjen di lingkungan Kementrian Keuangan dan Staf Ahli Menteri Keuangan.(OMI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini