Sukses

Buruh Tinggalkan Kawasan Istana Merdeka

Ribuan buruh akhirnya membubarkan diri dan meninggalkan kawasan sekitar Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5) petang.

Liputan6.com, Jakarta: Ribuan buruh akhirnya membubarkan diri dan meninggalkan kawasan sekitar Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5) petang. Pantauan dari sekitar istana negara terlihat elemen kelompok terakhir yang meninggalkan lokasi aksi di depan Istana adalah kelompok Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI). Selain itu, pembakaran spanduk yang dilakukan peserta aksi di sejumlah titik juga telah dipadamkan.

Sementara arus lalu lintas di sekitar Istana seperti Jalan Medan Merdeka Utara berangsur-angsur pulih. Aksi unjuk rasa di depan Istana itu menyisakan sejumlah sampah yang berserakan di jalanan dan sejumlah taman. Kepala Polres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hamidin menyatakan, pihaknya mengucapakan terima kasih karena unjuk rasa pada Hari Buruh kali ini dinilai berjalan cukup kondusif. Namun, Kombes Hamidin juga membenarkan bahwa terdapat dua orang peserta aksi yang diamankan karena melakukan pemukulan kepada petugas. "Kami masih belum mengetahui dua orang yang diamankan itu berasal dari elemen mana," katanya.

Kombes Hamidin juga mengemukakan, sebelumnya terdapat sekitar 40 elemen yang melaporkan diri akan merayakan Hari Buruh Sedunia. (Ant/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini