Sukses

Guruh: Kongres PDIP Melanggar Anggaran Dasar

Guruh Sukarnoputra menilai Kongres III PDIP di Sanur, Bali, melanggar anggaran dasar. Guruh juga tidak setuju dengan wacana dipilihnya kembali Megawati Sukarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP secara aklamasi.

Liputan6.com, Sanur: Guruh Sukarnoputra memilih tidak menghadiri Kongres III PDI Perjuangan di Inna Grand Bali Beach Hotel, Sanur, Bali. "Kongres tersebut melanggar anggaran dasar sehingga saya (memilih) tidak datang," tutur Guruh ketika jumpa pers di Segara Village Sanur, Selasa (6/4).

Guruh menjelaskan, menurut anggaran dasar, pemilihan Ketua Umum PDIP seharusnya dimulai jenjang yang paling bawah. "Dari anak ranting, ranting, kemudian naik terus ke atas," kata Guruh. "Tapi ini dipangkas, dimulainya dari PAC (pengurus anak cabang)."

Pernyataan Guruh ini menegaskan dirinya tak setuju dengan wacana dipilihnya kembali Megawati Sukarnoputri menjadi Ketua Umum PDIP secara aklamasi. Menurut data yang beredar di arena kongres, 395 Konfercab memilih Megawati untuk kembali menjadi orang nomor satu di PDIP. Sementara hanya empat cabang yang memilih Guruh Sukarnoputra [baca: Langkah Megawati Jadi Ketua Umum Makin Kuat].(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.