Sukses

Nama Calon Wakil Ketua Umum PDIP Mengemuka

Penjaringan nama kandidat wakil ketua umum menjadi buah bibir di kalangan petinggi PDIP. Tiga nama disebut-sebut, yaitu Puan Maharani, Pramono Anung, dan Tjahjo Kumolo.

Liputan6.com, Jakarta: Penjaringan nama kandidat wakil ketua umum lebih mengemuka daripada kandidat ketua umum menjelang Kongres PDI Perjuangan di Bali, 5-9 April mendatang. Anggota DPR dari Fraksi PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan, sampai saat ini ada tiga nama yang disebut-sebut berpeluang menduduki jabatan wakil ketua. Mereka adalah Puan Maharani (Ketua DPP), Pramono Anung (Sekjen), dan Tjahjo Kumolo (Ketua DPP).

"Posisi wakil ketua umum sudah menjadi wacana yang ramai dibicarakan meskipun belum ada dalam struktur dan belum diatur dalam AD/ART partai," kata Eva di Jakarta, Rabu (24/3). Dikatakannya, meskipun belum diatur dalam AD/ART partai, jika mayoritas peserta kongres mengusulkan bisa diamendemen untuk menambahkan posisi tersebut.

Posisi wakil ketua umum menjadi urgensi bagi PDIP dalam melakukan regenerasi kepemimpinan. Menurut dia, Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri tetap merupakan figur sentral yang popularitasnya tidak tertandingi serta menjadi pemersatu seluruh elemen partai. "Namun perlu ada regenerasi untuk melanjutkan kepemimpinan Megawati di masa mendatang," kata anggota Komisi XI DPR ini.

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Syukur Nababan memperkirakan, usulan posisi wakil ketua umum akan menjadi salah satu agenda yang ramai pada kongres di Bali mendatang. Menurut dia, adanya posisi wakil ketua umum pada struktur kepengurusan PDI Perjuangan bisa membuat partai berlambang banteng itu lebih kuat. "Posisi wakil ketua umum ini bisa menjadi jembatan untuk kaderisasi kepemimpinan PDI Perjuangan ke depan," katanya.(ADO/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini