Sukses

Kedubes AS Siapkan Rambutan untuk Presiden Obama

Meski ditunda, kedatangan Presiden AS Barack Obama ke Indonesia tetap menjadi pembicaraan hangat. Bahkan, Kedubes AS di Indonesia telah menyiapkan rambutan jika Presiden Obama menginginkan buah itu.

Liputan6.com, Jakarta: Rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia ditunda. Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs dalam akun twitternya menyatakan Obama menunda keberangkatan ke luar negeri dari rencana semula 18 Maret menjadi 21 Maret. Dalam kunjungan ini, istri Obama, Michelle Obama dan kedua putrinya tidak akan ikut [baca: Obama Tunda Keberangkatan].

Meski ditunda, rencana kunjungan Obama ke Indonesia direspons beragam. Ada yang menolak dan ada pula yang tak sabar menanti. Lantas, apa saja agenda yang bakal dibahas dalam kunjungan bilateral ini. Benarkah Obama sejak jauh hari sudah memesan menu masakan Indonesia? Berikut perbincangan reporter SCTV Louisa Kusnanda dengan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Cameron Hume di Jakarta, Sabtu (13/3).

Seberapa penting kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia bagi Amerika Serikat?

Indonesia adalah negara yang semakin penting saat ini. Selain anggota G-20 dan dijalankan oleh kepemimpinan baru, Indonesia juga negara terbesar keempat di dunia. Ini kesempatan bagus untuk menjalin kembali hubungan yang baru (dengan Indonesia) di abad 21 ini.

Bagaimana AS memandang Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk muslim terbanyak?

Menurut saya, AS sudah tidak melihat Indonesia semata-mata hanya dari sisi religinya. AS lebih melihat Indonesia sebagai
negara yang berhasil melakukan transisi selama 10 tahun terakhir menjadi negara yang lebih demokratis. AS juga melihat
Indonesia sebagai negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dibanding negara lain dan menjadi salah satu negara anggota G-20 yang kami perhitungkan.

Saat Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton kemarin, ia mengatakan, bagi mereka yang ingin melihat modernitas, penghormatan terhadap hak perempuan dan demokrasi, sebaiknya mengunjungi Indonesia.

Bagaimana dengan keamanan? Karena meski banyak yang menunggu kedatangannya, sejumlah demonstrasi menolak kedatangan Obama juga cukup marak?

Saya harap kami tidak perlu mengantisipasi dengan pengamanan yang berlebihan. Seperti Anda tahu, unjuk rasa sering digelar di sini. Namun, saya lihat dilakukan dengan tertib dan saya rasa itu tidak begitu menjadi kekhawatiran kami.

Dalam biografinya, Presiden Obama mengatakan, ia suka makanan Indonesia, antara lain nasi goreng dan buah rambutan. Apakah ia ingin disajikan makanan Indonesia selama di sini?

Kesukaan Obama terhadap makanan Indonesia sangat populer dan sudah dibahas dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bahkan, di halaman kami sudah ada pohon rambutan. Jadi, kami telah siap jika ia (Obama) menginginkannya.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.