Sukses

Cides: Fraksi Pemilih Opsi C Sudah Tepat

Dipilihnya opsi C oleh lima fraksi DPR RI menyikapi hasil Pansus Bank Century dalam Sidang Paripurna DPR, menunjukkan kelima fraksi secara tegas berangkat dari moralitas dan kehendak rakyat.

Liputan6.com, Jakarta: Sikap lima fraksi yang memilih opsi C, dinilai tepat baik politis maupun hukum, karena opsi C menyebut pemberian dana talangan kepada Bank Century sebesar Rp 6,7 triliun merupakan keputusan salah serta harus dipertanggungjawabkan kepada publik. Demikian ditegaskan Ketua Dewan Direktur CIDES (Center for Information and Development Studies) Ricky Rachmadi di Jakarta, Rabu (3/3), menanggapi pandangan akhir lima fraksi yaitu Fraksi PDIP, Fraksi PKS, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, dan Fraksi Hanura yang disampaikan pada Sidang Paripurna DPR di Jakarta, hari ini.

Menurut Ricky, pandangan yang memilih opsi dari lima fraksi itu juga dianggap sebagai kemenangan rakyat, yang sejak awal menginginkan proses penyelidikan kasus Bank Century oleh Pansus DPR melahirkan sikap tegas, adil, dan membuka seterang-terangnya berbagai kesalahan, utamanya dalam pengambilan kebijakan talangan terhadap Bank Century yang memang merugikan rakyat.

"Rakyat tentu merasakan keadilannya terwakili oleh sikap lima fraksi itu, karena penggelontoran uang Rp 6,7 triliun kepada Bank Century dapat disebut sebagai perampokan uang negara yang menyakitkan rakyat," jelas Ricky dalam rilisnya yang diterima Redaksi Liputan6.com.

Sementara terkait Fraksi Partai Demokrat dan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, yang menyimpulkan pemberian dana talangan kepada Bank Century tidak bermasalah, Ricky mengatakan sikap keduanya patut dipertanyakan karena menjauh dari aspirasi sekaligus rasa keadilan rakyat.(MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.