Sukses

Demokrat: Robert Tantular Bertanggung Jawab

Fraksi Demokrat menilai direksi lama Bank Century dan Robert Tantular bertanggung jawab atas adanya rekening liar dan rekening bodong penerima dana bailout.

Liputan6.com, Jakarta: Fraksi Demokrat DPR menilai direksi lama Bank Century dan Robert Tantular bertanggung jawab atas adanya rekening liar dan rekening bodong penerima dana bailout. Demikian disampaikan anggota pansus dari Fraksi Demokrat , Achasul Qosasi, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (17/2) siang.

Achasul menambahkan, rekening itu sengaja dibuat untuk mendapat penggantian dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Rekayasa itu antara lain dibuat dengan memecah uang nasabah menjadi beberapa rekening seperti yang terjadi pada rekening Budi Sampoerna "Kalau dana dia-nasabah 2 miliar akan dapat penggantian dari LPS". ujar Achasul.

LPS sendiri menurut Achasul tidak bisa memantau rekening-rekening liar dan fiktif tersebut, setelah menggelontorkan dana. "LPS tidak bisa memantau karena bukan lembaga auditor," kata Achasul. "Jadi ini tanggung jawab direksi lama Bank Century dan Robert Tantular."

Achsanul juga mengatakan, Demokrat belum menemukan indikasi dana mengalir ke parpol dan capres.(MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.