Sukses

Penghargaan Citra Bhakti untuk 42 Abdi Negara

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) kepada 42 bupati dan wali kota. Mereka dinilai berkomitmen kuat mengimplementasikan kebijakan publik.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara (CBAN) kepada 42 bupati dan wali kota di Istana Negara, Kamis (11/2) pukul 10.00 WIB. Penghargaan diberikan untuk pemerintah kabupaten/kota yang dinilai memiliki komitmen kuat mengimplementasikan kebijakan publik. Daerah yang menerima penghargaan itu antara lain Kota Banda Aceh, Solok, Cilegon, Sukabumi, Tegal, Karanganyar, Pacitan, Gresik, Wakatobi, Makassar, Bone, Kutai Barat, dan Maluku Tenggara.

Selain penghargaan CBAN, diserahkan juga piagam penghargaan dari Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi EE Mangindaan kepada 32 bupati/wali kota yang dinilai berhasil menyelenggarakan pemerintahan daerah. Daerah yang menerima piagam penghargaan itu di antaranya Padang, Pekalongan, Pidie, Boyolali, Yogyakarta, Lombok Timur, Donggala, Mamuju Utara, dan Hulu Sungai Selatan.

Tiga Gubernur, dua wali kota, dan dua bupati pada acara tersebut juga menerima penghargaan Kepeloporan dan Inovasi dari Presiden Yudhoyono. Mereka yang menerima penghargaan itu adalah Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Irwandi Yusuf, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Gubernur Sulawesi Utara S.H. Sarundajang, Bupati Agam Aristo Munandar, Wali Kota Surakarta Joko Widodo, Wali Kota Parepare M. Zain Katoe, dan Bupati Merauke Johanes Gluba Gebze.

Pemberian penghargaan CBAN setiap dua tahun sekali sejak 2006. Untuk 2010, penilaian kepada 42 bupati/wali kota yang meraih penghargaan CBAN itu dilakukan sejak setahun silam. Penghargaan tersebut dimaksudkan sebagai upaya pembinaan aparatur negara dalam mendorong reformasi birokrasi menuju terciptanya pelayanan publik yang benar-benar diharapkan masyarakat.(Ant/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.