Sukses

Boediono Tak Tahu Asal Dana Talangan

Mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono tak mampu mengatakan tegas asal-usul dana talangan BI untuk Bank Century. Boediono juga mengatakan Marsilam Simanjuntak hanya narasumber dalam rapat KSSK.

Liputan6.com, Jakarta: Dari mana asal dana talangan Bank Indonesia untuk Bank Century yang belakangan menjadi salah satu kontroversi paling hangat dibicarakan? Apakah berasal dari uang negara? Untuk menjawab pertanyaan ini, mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono pun tak mampu mengatakan dengan tegas asal-usulnya. Sontak pernyataan ini membuat heran Panitia Khusus Hak Angket Kasus Bank Century yang tengah mencecar Boediono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (12/1).

Pansus mengatakan mustahil pejabat BI setinggi Boediono tidak mengetahui dana bail-out berasal. Karena itu Pansus menilai Boediono masih bersikap tertutup dan kerap melontarkan jawaban-jawaban normatif.

Di hadapan anggota Dewan, Boediono juga menampik kehadiran Marsilam Simanjuntak dalam rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) sebagai utusan Presiden. Boediono menganggap Marsilam sebagai narasumber. Karenanya, ungkap Boediono, Marsilam tak pernah dilibatkan dalam pengambilan keputusan KSSK.

Ini adalah kali kedua Boediono diperiksa Pansus Hak Angket Bank Century. Dewan memanggil kembali Boediono karena merasa tak puas dengan jawaban mantan petinggi BI yang kini menjabat Wakil Presiden itu yang mengatakan dana talangan diputuskan diberikan kepada Bank Century untuk mencegah dampak sistemik [baca: Boediono Dicecar, Boediono Diteriaki Maling]. Saat berita ini disusun, pemeriksaan Boediono diskors dan akan dilanjutkan pada pukul 19.30 WIB.(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini