Sukses

Okky: Wakil Rakyat Harus Dekat dengan Rakyat

Anggota Komisi IX Okky Asokawati mengatakan, turun langsung melihat kondisi rakyat perlu dilakukan sesering yang bisa dilakukan oleh anggota Dewan.

Liputan6.com, Jakarta: Sesuai namanya, Wakil Rakyat tentu harus paham mengenai rakyat yang diwakili. Karena itu, mantan peragawati yang kini duduk di Komisi IX DPR Okky Asokawati merasa tak cukup mengenali rakyat dari kejauhan. Buat ibu dua anak ini, turun langsung melihat kondisi rakyat perlu dilakukan sesering yang bisa dilakukan. "Kita harus ada kedekatan dengan mereka (rakyat). Tidak bisa kita hanya sekadar membaca, mendengar data-data saja," ujar Okky di Senayan, Jakarta, Ahad (10/1) sore.

Dengan turun ke lapangan, Okky melihat dan mampu merasakan lebih jelas permasalahan yang ada di masyarakat. Dalam pelayanan kesehatan, misalnya. Setelah mengamati langsung, Okky menemukan banyak perlakuan diskriminatif terhadap pemegang kartu asuransi kesehatan. "Mereka yang memegang askes dan yang membayar biasa, pelayanan dari tenaga kesehatan sudah berbeda," ungkap Okky.

Dari temuan itu, Okky langsung menyampaikan hal kepada pejabat terkait. Untungnya predikat selebritas, diakui Okky, membuat respons dari para pejabat lebih tanggap. Tahun ini, Okky bersama koleganya di Komisi IX DPR tengah memperjuangkan tujuh rancangan undang-undang agar rakyat lebih sejahtera. Di antaranya adalah RUU untuk mengubah UU Nomor 39 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.(ZAQ)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.