Sukses

Akbar Berziarah ke Makam Gus Dur

Meski tidak tampak saat pemakaman Gus Dur, mantan Ketua DPR Akbar Tanjung, Sabtu (9/1) siang, berziarah ke makam Gus Dur, di Jombang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jombang: Tidak tampak saat pemakaman Gus Dur, mantan Ketua DPR Akbar Tanjung berziarah ke makam  Abdurrahman Wahid, Sabtu (9/1), di Kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Akbar, yang didampingi isterinya,  Krisnina Maharani dan sejumlah petinggi Golkar Jawa Timur, tiba di kompleks pemakaman sekitar pukul 11:30.

Kedatangan Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar ini disambut Nyai Farida Solahuddin, istri Gus Solahuddin Wahid. Kedatangan Akbar dan rombongan sempat menarik perharian sejumlah peziarah pada hari kesebelas wafatnya Gus Dur. Rombongan ini pun melakukan tahlilan dan menabur bunga di pusara mantan presiden ke-4, Kompleks Bani Hasyim, Kawasan Pondok Pesantren Tebuireng. 

Akbar mengaku, Gus Dur merupakan tokoh demokrasi dalam kemajemukan bangsa indonesia. "Beliau merupakan tokoh bangsa yang memiliki pengabdian yang tidak bisa diragukan lagi. Gus Dur juga memiliki visi yang kuat dan mendukung kemajukan," jelasnya kepada wartawan di kompleks pemakaman Gus Dur.

Saat menjadi Ketua DPR, Akbar termasuk orang yang mendukung pencalonan Gus Dur sebagai presiden. Namun, Akbar pula bersama Ketua MPR Amien Rais, serta sejumlah tokoh, disebut-sebut berperan besar dalam melengserkan Gus Dur.

Saat ditanya wartawan soal pelengseran itu, Akbar tidak bersedia menjawab. "Kejadian itu merupakan peristiwa politik di masa lalu, jadi tidak perlu diungkit. Masih banyak hal positif dari Gus Dur yang perlu diingat," elak Akbar. (ETA)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.