Sukses

BI Dinilai Permudah Kucuran Dana Bank Century

Bank Indonesia dinilai membantu proses merger tiga bank untuk penyelamatan Bank Century. Salah satunya dengan melonggarkan persyaratan CAR.

Liputan6.com, Jakarta: Bank Indonesia sengaja memberikan kelonggaran persyaratan rasio kecukupan modal (CAR) agar Bank Century mendapat pendanaan. Inilah kesimpulan sementara Panitia Khusus Angket Skandal Bank Century, Jumat (8/1).

Lemahnya pengawasan di BI menyebabkan merger tiga bank berlangsung dengan lancar. Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) pun mengucur bagi Bank Century. Semua kemudahan ini mengindikasikan adanya intervensi serius dari pimpinan BI dalam proses merger tersebut.

Terkait persoalan ini, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla punya pendapat sendiri. Menurutnya, skandal di Bank Century termasuk perbuatan kriminal. Kalla pun berencana memberi penjelasan mengenai duduk masalah di balik Bank Century.(OMI/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.