Sukses

Ketua MA: Masyarakat Cenderung Pakai "People Power"

"Ada kecenderungan di tengah-tengah masyarakat, untuk menyelesaikan masalah hukum di luar hukum," kata Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin A. Tumpa.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin A. Tumpa menyatakan ada indikasi kecenderungan dari masyarakat menggunakan people power dalam menyelesaikan masalah hukum. "Ada kecenderungan di tengah-tengah masyarakat, untuk menyelesaikan masalah hukum di luar hukum," kata Harifin dalam sebuah acara di Jakarta, Selasa (29/12).

Harifin menyatakan, kecenderungan adanya people power itu dapat terlihat dari bentuk unjuk rasa yang dilakukan untuk menekan penegak hukum. Ia mencontohkan kasus pencurian tiga buah kakao dan semangka dan para hakim yang menangani perkara tersebut dicela dan ditekan oleh masyarakat. "Sehingga jadi pertanyaan, apakah orang tersebut membiarkan kejahatan di tengah masyarakat," kata Harifin, seperti dikutip ANTARA [baca: Pencuri Semangka Dihukum 15 Hari Penjara].

Menurut dia, kondisi penegakan hukum di Tanah Air, belakangan ini mengalami ujian cukup berat sehingga mengancam supremasi hukum. Harifin mengingatkan, berdasarkan kondisi masyarakat saat ini, hakim harus kokoh dan kuat menghadapi tekanan yang ada. "Kita tidak boleh goyang atas prinsip-prinsip hukum. Saya berharap terhadap seluruh jajaran peradilan dan hakim agar benar-benar menegakkan hukum yang sejati dengan tidak ada tekanan," ucap Ketua MA.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini