Sukses

Boediono Berharap Pansus Century Terbuka

Wakil Presiden Boediono berharap Panitia Khusus Angket Kasus Century bersikap terbuka meski ada hak yang bersifat tertutup.

Liputan6.com, Jakarta: Wakil Presiden Boediono berharap Panitia Khusus Angket Kasus Century bersikap terbuka meski ada hak yang bersifat tertutup. "Beliau ingin semua hal transparan. Walaupun ada hak tertutup, tapi Pak Boed mau terbuka," ungkap Staf Khusus Wakil Presiden Muhammad Ikhsan di Jakarta, Senin (21/12) seperti dikutip Antara.

Dalam memenuhi panggilan Panitia Angket Century, Boediono akan didampingi sejumlah pejabat dari Bank Indonesia (BI). "Karena saat dipanggil Pansus, kapasitasnya sebagai mantan Gubernur BI," kata Muhammad Ikhsan. Sebelumnya, Juru Bicara Wapres Boediono Yopie Hidayat mengatakan, kedatangan Wapres akan menggunakan protokoler normal.

Pemanggilan oleh Pansus berkenaan dengan kapasitas Boediono sebagai mantan Gubernur BI. Boediono ingin penjelasan dilakukan dengan jelas dan terang. Namun sebagai Wapres, tetap ada aturan protokoler dan pengamanan. "Aturan protoler penting. Namun ini persoalan teknis yang tidak mengganggu prinsip," tutur Yopie.

Tentang jadwal Boediono untuk memberikan pengarahan pada rapat koordinasi gubernur se-Indonesia di Pekanbaru, Riau, pada Selasa malam, akan menyesuaikan dengan kegiatan di Pansus Angket Century. "Jika dalam penjelasan kepada Pansus Angket Century mencapai sore atau malam hari, ya kemungkinan ditunda," ucap Yopie.

Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani masuk dalam daftar panggil dari Pansus Century. Pansus menilai nama-nama yang akan dipanggil dinilai kompeten untuk dimintai keterangan sebagai saksi atau saksi ahli. Pansus tak hanya fokus pada kajian tentang layak atau tidaknya kebijakan talangan (bailout) kepada Bank Century tapi juga menelusuri aliran dana ke siapa saja yang menerima, termasuk untuk apa saja uang itu digunakan.(JUM/AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini