Sukses

Presiden Bertolak ke Eropa

Presiden beserta sejumlah menteri dan gubernur bertolak menuju Eropa dalam rangka kunjungan kerja. Salah satu agendanya menghadiri KTT Perubahan Iklim.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertolak dari Jakarta menuju Belgia, Ahad (13/12), untuk memulai kunjungan kerja di Eropa. Selama delapan hari, Kepala Negara akan mendatangi tiga negara, yaitu, Belgia, Perancis, dan Jerman untuk melakukan kunjungan kehormatan, serta menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Perubahan Iklim di Copenhagen, Denmark.

Turut serta dalam rombongan Presiden beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. Antara lain Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta, Menteri Perindustrian MS Hidayat, dan Menteri Pertanian Suswono.

Selain itu, tujuh gubernur juga turut dalam rombongan Presiden. Di antararanya Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Gubernur Papua Barnabas Suebu,  Gubernur Sulawesi Utara Sarun Dayang, Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam Irwandi Jusuf, dan Gubernur Kalimantan Tengah Teras Narang.

Menurut Juru Bicara Kepresidenan Dino Patti Djalal, menyatakan kehadiran para gubernur dalam rombongan Kepala Negara untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia serius dalam bidang konservasi hutan. Baik pada tingkat pusat maupun daerah demi mengurangi tingkat pemanasan global.

Selain itu, menurut Dino, kehadiran Presiden Yudhoyono pada KTT PBB Perubahan Iklim di Copenhagen adalah untuk memastikan konferensi tersebut melahirkan konsensus global untuk mengurangi emisi karbon. Serta memastikan implementasi Bali Roadmap yang telah susah payah dicapai dalam konferensi serupa di Bali dua tahun lalu.(AYB)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.