Sukses

Idrus Marham Pimpin Pansus Hak Angket Century

Pansus hak angket Century akhirnya memilih Idrus Marham dari Fraksi Partai Golkar menjadi ketua. Meski sifat kepemimpinan kolektif, sejumlah anggota sanksi mengingat Golkar merupakan partai pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta: Panitia khusus (Pansus) hak angket DPR untuk menelusuri dugaan penyimpangan dalam proses pemberian dana talangan kepada Bank Century setelah tujuh jam bersidang akhirnya menentukan ketuanya, Jumat (4/12). Idrus Marham dari Partai Golongan Karya terpilih menjadi ketua pansus lewat voting atau pemungutan suara. Ini dilakukan setelah musyawarah dan lobby antar pimpinan gagal menemukan kata sepakat [baca: Hari Ini, Pemilihan Ketua Pansus Bank Century].

Sejak awal persidangan, pimpinan sidang sementara Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso hampir kewalahan dalam mengakomodasi keinginan 30 orang anggota pansus hak angket ini. Idrus bahkan sempat diragukan jejak rekamnya oleh Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Namun Idrus akhirnya memimpin perolehan dengan mengantongi suara mayoritas sebanyak 19 suara. Partai pemerintah Demokrat serta Idrus mengajak semua pihak untuk meyakini kepemimpinan kolektif.

Karena memasuki masa reses, pansus hak angket akan kembali rapat pada 14 Desember mendatang. Pimpinan pansus yang terdiri dari Idrus, Yahyasacawiria dari Demokrat, Gayus Lumbbuun dari PDI Perjuangan, dan Mahfud Siddiq dari Partai Keadilan Sejahtera akan menyusun agenda kerja serta jadwal pemanggilan kepada sederet nama. Simak selengkapnya di video berita ini.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini