Sukses

Miing: Masuk Senayan karena Keresahan

Miing Bagito menilai, untuk mengubah suatu yang diinginkan ke arah yang lebih baik, kita harus masuk ke dalam sistem itu sendiri dan bukan hanya mengkritisi dari luar.

Liputan6.com, Jakarta: Sudah sekitar 30 tahun berkecimpung di dunia panggung, khususnya lawak, Tubagus Dedi Suwendi Gumelar atau biasa disapa Miing Bagito, akhirnya beralih terjun ke dunia politik praktis. Miing Bagito ditempatkan di Komisi X yang membidangi pendidikan, pemuda, dan kebudayaan.

"Saya terjun di sana [Senayan] karena keresahan. Mungkin selama 30 tahun di panggung saya mengkritisi tak jadi apa-apa juga. Kalau mau mengubah harus masuk ke dalam sistem," kata anggota DPR dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,  dalam dialog di Liputan 6 Petang, Ahad (15/11).

Meski baru pertama terjun ke politik praktis, Miing sudah kerap menjadi presenter sejumlah acara politik. Kelompok komedinya, Bagito Grup dikenal vokal mengeritik pemerintah. Lawakan-lawakan yang dibawakan Miing bersama rekannya Didin dan Unang sarat dengan pesan moral dan kritik sosial.

Politisi PDI Perjuangan Banten ini menuturkan tekadnya memberdayakan kebudayaan Indonesia. Pelajaran kebudayaan yang kini dihilangkan di kalangan sekolah dasar dan sekolah menengah atas akan diperjuangkan agar dikembalikan. Akibat pelajaran itu disepelekan, banyak generasi muda kehilangan akar budayanya.

Miing tak menyalahkan sebagian orang yang menilai artis yang terjun ke panggung politik, tak punya isi. "Kalau digeneralisir tidak adil. Berikan waktu dan kesempatan bagi kita [artis yang jadi DPR]. Kita akan menyampaikan kepada masyarakat kalau tugas di DPR tak sendirian," kata Miing.(JUM/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.