Sukses

Belum Ada Kader PDI Perjuangan Dipanggil

Sejumlah tokoh, baik mantan menteri maupun wajah-wajah baru, sudah dipanggil SBY ke Cikeas, Bogor, Jabar. Tapi di antara mereka belum ada satupun nama yang berasal dari PDI Perjuangan.

Liputan6.com, Jakarta: Pelantikan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid Dua tinggal menghitung hari. Sejumlah tokoh, baik mantan menteri maupun wajah baru, yang akan mengisi kabinet baru sudah dipanggil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Cikeas, Bogor, Jawa Barat [baca: SBY Mulai Panggil Calon Menteri]. Tapi, sampai saat ini dari sekian banyak tokoh yang dipanggil belum ada satu pun nama yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Sehingga muncul pertanyaan soal ikut tidaknya PDI Perjuangan dalam kabinet. Menurut politisi senior PDI Perjuangan, AP Batubara, Ahad (18/10), hingga kini keputusan partai tetap sama, yakni menjadi oposisi. Namun, jika ada kader PDI Perjuangan yang menerima pinangan SBY sebagai menteri, keputusan tegas akan diambil. "Ia harus mengundurkan diri sebagai kader," kata anggota Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan ini. Pernyataan berbeda justru dilontarkan suami Megawati Sukarnoputri, Taufik Kiemas. Menurut dia, kalau diajak masuk kabinet, partai pasti ikut. "Tapi, kita tidak minta dan menawarkan," ujar Taufik [baca: Taufik:  PDIP Tak Pernah Tawarkan  Calon Menteri]   Politik memang tidak bisa ditebak. Demikian juga keputusan SBY dalam menentukan para menteri: memasukkan calon dari PDI Perjuangan atau justru sudah siap menghadapi oposisi? (IAN/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.