Sukses

Presiden Kembali Uji Calon Menteri

Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melakukan wawancara terhadap sedikitnya 18 calon menteri dan pejabat tinggi Kabinet Indonesia Bersatu jilid II di kediaman pribadinya Puri Cikeas Indah, Bogor, Ahad (17/10).

Liputan6.com, Jakarta: Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan melakukan wawancara terhadap sedikitnya 18 calon menteri dan pejabat tinggi Kabinet Indonesia Bersatu jilid II di kediaman pribadinya Puri Cikeas Indah, Bogor, Ahad (17/10). Kemarin, pukul 10.00-21.00 WIB, Yudhoyono didampingi pasangannya, Boediono telah melakukan wawancara terhadap 16 calon menteri dan pejabat tinggi.

Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng mengatakan, para calon menteri dan pejabat tinggi yang menjalani uji kelayakan adalah para calon yang sebelumnya telah dihubungi. Ia mengatakan, tidak dilakukan pembedaan pemanggilan antara calon yang pernah menjabat menteri dan calon menteri baru.

Dalam proses wawancara yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu, Yudhoyono tidak menetapkan tenggat waktu untuk setiap calon menteri yang akan diwawancarai. Setiap calon diberikan alokasi waktu cukup fleksibel untuk menyelesaikan semua proses wawancara.

Seperti diwartakan ANTARA, di akhir wawancara setiap calon menandatangani pakta integritas dan kontrak kerja yang berisi kode etik yang harus dipatuhi serta sasaran yang harus dicapai selama lima tahun sampai 2014. Seusai mengikuti uji kelayakan, para calon menteri dan pejabat tinggi itu harus mengikuti tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Bersatu telah dipastikan kembali bergabung dalam kabinet mendatang. Mereka antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, serta Menteri Perdagangan Mari Pangestu.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.