Sukses

Sebanyak 16 Calon Menteri Jalani Tes Kesehatan

Sebanyak 16 calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Ahad (18/10) pagi akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto. Jika kondisi kesehatan calon menteri tak memungkinkan, maka yang akan diganti dengan kandidat yang lain.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 16 calon menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Ahad (18/10) pagi akan menjalani serangkaian tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Ketua Tim Penguji Kesehatan Brigjen dr. Supriyantoro mengatakan, pemeriksaan kesehatan terhadap 16 calon menteri tersebut dijadwalkan mulai pukul 07.00 WIB. "Kami hanya memeriksa kesehatan para calon menteri dan melaporkannya langsung kepada Presiden SBY," ujarnya seperti dikutip ANTARA.

Hasil tes kesehatan akan menjadi bahan pertimbangan sepenuhnya bagi SBY, apakah calon bersangkutan akan tetap menjadi menteri atau diganti dengan calon lain. "Diganti dengan calon lain jika kondisi kesehatannya dianggap tidak memungkinkan, dikaitkan dengan tugas yang akan diembannya," kata Supriyantoro.

Tim penguji kesehatan calon menteri ditunjuk langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berdasar Kepres RI Nomor 29/2009 tentang Pembentukan Tim Penilaian Kesehatan Calon Menteri. Tim penguji kesehatan calon menteri berjumlah 45 orang terdiri atas 29 dokter pemeriksa dan 16 dokter pendukung. Dokter pendukung di antaranya berkedudukan sebagai ketua, wakil ketua, koordinator tim pemeriksa, koordinator tim pengamanan dan koordinator tim protokoler.

Dokter pemeriksa terdiri atas spesialis kesehatan jiwa, spesialis penyakit dalam, spesialis mata, spesialis THT, spesialis syaraf, spesialis jantung, spesialis paru-paru, dan spesialis bedah. Selain itu terdapat pula spesialis saluran kencing, spesialis kebidanan, spesialis radiologi, dokter gigi dan mulut, spesialis patologi klinik, serta spesialis patologi anatomi.(AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.