Sukses

SBY Mulai Panggil Calon Menteri

Para calon menteri yang sudah dihubungi SBY melalui telepon akan datang ke Puri Cikeas Indah, Bogor, Jabar. Mereka akan menjalani semacam uji kelayakan melalui wawancara langsung dengan Yudhoyono bersama cawapres terpilih, Boediono.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono mulai memanggil para calon menteri ke kediaman pribadi di Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/10). Pemanggilan dilakukan setelah para calon menteri yang dianggap layak mengisi jabatan menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua ini, dihubungi melalui telepon [baca: Hari Ini, SBY Panggil Calon Menteri].

Hari ini mereka akan menjalani semacam uji kelayakan melalui wawancara langsung dengan Yudhoyono bersama wakil presiden terpilih, Boediono. Pada akhir wawancara mereka akan disodori pakta integritas dan kontrak politik yang harus ditandatangani berisi target selama lima tahun dan kode etik yang harus ditaati.

Setelah uji kelayakan, setiap kandidat menteri akan menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pada 18-19 Oktober 2009.

Menjelang pemanggilan para calon menteri yang diperkirakan dimulai pukul 10.00 WIB, seperti dilansir ANTARA, pengamanan di sekitar Cikeas diperketat. Di ruas Jalan Raya Cibubur arah Cileungsi puluhan polisi berjaga-jaga. Sementara semua pengunjung yang masuk ke perumahan Puri Cikeas Indah diperiksa barang bawaannya.

Puluhan wartawan media cetak dan elektronik telah berkumpul di depan Perumahan Puri Indah Cikeas untuk meliput para calon menteri yang dipanggil Yudhoyono. Salah satu mantan pejabat yang terlihat datang ke Cikeas adalah Marsekal TNI Djoko Suyanto. Ia adalah mantan Panglima TNI.

Pada detik-detik terakhir pemanggilan, masih saja berdatangan lamaran untuk posisi menteri yang dialamatkan langsung kepada Yudhoyono. Di pos penjagaan, tampak tergeletak beberapa amplop cokelat berukuran besar.(IAN/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini