Sukses

Besok Tim Lima Lapor ke Presiden

Presiden SBY besok akan menerima tim yang ditugasi memberikan rekomendasi nama calon pelaksana tugas sementara pimpinan KPK. Seharusnya Tim Lima sudah memberikan laporan mengenai rekomendasi tiga nama calon pelaksana tugas pimpinan KPK Kamis lalu.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono besok usai mengikuti perayaan Hari Ulang Tahun TNI akan menerima tim Lima. Seperti diketahui tim ini ditugasi memberikan rekomendasi nama calon pelaksana tugas sementara pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara Presiden, Andi Mallarangeng, kepada ANTARA, Ahad (4/10), mengatakan, SBY akan menerima tim itu di Kantor Presiden. "Jadi saat penugasan dilakukan secara resmi, penerimaan laporan juga akan dilakukan dengan resmi dan kemudian diumumkan," kata Andi.

Andi menjelaskan, sesuai jadwal yang diberikan Presiden, seharusnya tim Lima sudah memberikan laporan mengenai rekomendasi tiga nama calon pelaksana tugas pimpinan KPK pada Kamis lalu. Namun, saat tiba di Tanah Air Presiden harus menangani secara cepat dampak gempa yang terjadi di Sumatra Barat. Presiden juga harus datang langsung ke lokasi untuk memantau penanganan tanggap darurat.

Sementara soal waktu pelantikan tiga nama pelaksana tugas sementara pimpinan KPK setelah dilaporkan ke Presiden, Andi mengaku belum mengetahui jadwal tersebut.

Sebelumnya, usai mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang atau perppu untuk mengisi kekosongan pimpinan KPK, Presiden membentuk tim yang terdiri atas lima orang. Kelimanya adalah Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Widodo A.S., Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Andi Mattalata, anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Adnan Buyung Nasution, mantan Ketua KPK Taufiqurrahman Ruki, dan aktivis hukum Todung Mulya Lubis [baca: Tim Lima Janji Memilih yang Terbaik].(IAN/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini