Sukses

Ketua MA Pimpin Pengucapan Sumpah

Sebanyak 692 anggota MPR terpilih hari ini mengucapkan sumpah sebagai anggota Parlemen periode 2009-2014 di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta. Pengucapan sumpah dipimpin Ketua MA Harifin Tumpa, dengan tiga kegiatan terpisah.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 692 anggota MPR yang terdiri atas 560 anggota DPR dan 132 anggota DPD, Kamis (1/10) pagi, akan mengucapkan sumpah atau janji sebagai anggota Parlemen periode 2009-2014 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat. Pengucapan sumpah tersebut akan dipimpin Ketua Mahkamah Agung Harifin Tumpa, dengan tiga kegiatan terpisah.

Rencananya, pengucapan sumpah anggota DPR terpilih akan dilakukan lebih dahulu yaitu pada pukul 10.00 WIB. Selanjutnya pada pukul 10.30 WIB akan dilakukan pengucapan sumpah anggota DPD terpilih. Sedangkan untuk pengucapan sumpah anggota MPR akan dilakukan pada Kamis malam sekitar pukul 22.00 WIB. Setelah pengambilan sumpah itu, pimpinan sementara DPR dan DPD juga langsung ditetapkan.

Setelah pengucapan sumpah itu, anggota DPR dan DPD periode 2009-2014 secara terpisah akan melaksanakan rapat paripurna pertama dengan agenda masing-masing. Rapat paripurna DPR akan dipimpin oleh pimpinan sementara pada pukul 13.00 WIB yang dilanjutkan dengan rapat internal kelompok partai politik (sebelum ditetapkan menjadi fraksi). Kemudian dilanjutkan pertemuan konsultasi antara pimpinan DPR sementara dengan wakil kelompok partai politik.

Agenda selanjutnya pada pukul 14.30 WIB akan dilakukan rapat paripurna DPR kedua yang dilanjutkan dengan rapat paripurna ketiga pada pukul 19.30 WIB. Agendanya tentang pengesahan jadwal, peraturan tata tertib, dan pemilihan pimpinan DPR.

Sedangkan rapat paripurna DPD pertama dimulai pukul 13.30 WIB dengan agenda pengesahan jadwal acara, peraturan tata tertib serta pada pukul 14.30 WIB akan dilanjutkan rapat paripurna dengan agenda pemilihan pimpinan DPD. Setelah terpilih, pimpinan DPD itu akan dilantik sekitar pukul 21.00 WIB.

Seperti dilansir ANTARA, untuk pengamanan, sekitar pukul 07.00 WIB pagi tadi telah dilakukan apel pengamanan pelantikan anggota Parlemen di halaman depan Gedung Nusantara yang diikuti ratusan personel gabungan dari polisi, TNI, serta petugas pengamanan dalam DPR/MPR. Sebagian anggota DPR dan DPD yang akan mengucapkan sumpah juga sudah berdatangan ke ruangan rapat paripurna Gedung Nusantara MPR sejak pukul 09.00 WIB [baca: Sebentar Lagi Anggota DPR dan DPD 2009-2014 Dilantik].(LUC/UPI/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini