Sukses

Sejumlah DPD Golkar Bantah Dukung Surya Paloh

Ketua DPD II Golkar Kabupaten Nganjuk Suparman membantah mendukung Surya Paloh sebagai ketua umum Golkar. Sedangkan DPD II Kota Semarang tak pernah mendukung salah satu calon secara eksklusif.

Liputan6.com, Jakarta: Sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar membantah memberikan dukungan kepada kandidat Ketua Umum DPP Golkar Surya Paloh. Ketua DPD II Golkar Kabupaten Nganjuk Suparman, yang dihubungi ANTARA dari Jakarta, Senin (28/9), membantah bahwa pihaknya memberikan dukungan kepada Surya. "Itu tidak benar," kata Suparman.

Belakangan, memang beredar iklan di berbagai surat kabar nasional yang mengumumkan dukungan DPD I dan DPD II Golkar terhadap Surya. Dalam iklan tersebut, DPD II Kabupaten Nganjuk termasuk di antara yang memberi dukungan kepada pengusaha media tersebut.

Menurut Suparman, pernyataan dukungan itu bukan hasil rapat pleno karena hanya disampaikan sejumlah pengurus tanpa sepengetahuan ketua. "Hanya beberapa pengurus saja yang secara perorangan membuat keputusan (mendukung Surya) itu," kata Suparman.

Sementara Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Probolinggo, Jatim, Hasan Irsyad mengaku tidak tahu soal dukungan tersebut. "Saya belum pernah diwawancarai soal itu," katanya yang dihubungi saat mengikuti rapat Fraksi DPRD Probolinggo. Hasan enggan berkomentar lebih jauh soal iklan dukungan terhadap Surya Paloh, yang juga menyebut DPD II Probolinggo sebagai salah satu DPD yang memberi dukungan.

Sedangkan Ketua DPD II Kota Semarang Bambang Raya Saputra mengaku tak pernah mendukung salah satu calon ketum secara eksklusif. Semua kandidat yang berniat memajukan partai didukung. "Kalau Pak Surya Paloh menulis iklan seperti itu, silakan saja. Calon lain juga bisa menulis seperti itu," kata Bambang.

Ketika ditanya mengenai sikap resmi DPD II Kota Semarang, Bambang mengatakan, pilihan itu akan ditentukan pada saat pelaksanaan Munas Golkar di Pekanbaru.

Ketidakjelasan dukungan juga ditunjukkan Ketua DPD II Kabupaten Lumajang, Misnarji. Ia tidak mendukung ataupun menolak iklan klaim Surya. "Saya tidak mau komentar masalah itu. Ini demi kebaikan kita bersama di Partai Golkar," ujarnya diplomatis.

Klaim dukungan juga dilancarkan kandidat lain, Aburizal Bakrie. Ia mengaku mendapat dukungan 29 dari 33 DPD I. Lelaki yang akrab disapa Ical itu pun optimistis bakal meraih kursi nomor satu di partai berlambang pohon beringin tersebut [baca: Ical dan Surya Paloh Saling Klaim Dukungan].(ZAQ/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.